Ditulis pada tanggal 27 July 2017, oleh admin, pada kategori Berita, Kegiatan

Pada hari Kamis, tanggal 27 Juli 2017, Laboratorium Telekomunikasi Teknik Elektro Universitas Brawijaya mengadakan pelatihan drivetest menggunakan software TEMS yang bertempat di dalam Laboratorium Telekomunikasi Universitas Brawijaya. Drivetest adalah salah satu bagian pekerjaan dalam optimasi jaringan radio yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi jaringan secara real di lapangan. Peserta pelatihan drivetest ini adalah asisten laboratorium tahun 2013, 2014, dan 2015. Pelatihan ini berlangsung sejak pukul 11.00 wib hingga pukul 15.00 wib. Pelatihan ini menghadirkan Bapak Muhammad Hatta Farih dari TEMSINDO Techno Solution sebagai pemateri. Beliau adalah Executive Director pada perusahaan tersebut.

S__44179468

Pelatihan ini dimulai dengan materi pertama tentang “Apa Itu Drivetest dan Parameter-Parameter dalam Drivetest”. Karena menurut beliau, sangat penting bagi seseorang yang ingin menguasai drivetest terlebih dahulu memahami kedua hal tersebut. Materi berikutnya yang disampaikan beliau adalah pengenalan tentang software TEMS yang digunakan untuk drivetest. Dimulai dengan pengenalan dan penjelasan tetang software TEMS Investigation 16.3.6 dan cara mengoprasikannya.

S__44179467

Pada saat memasuki waktu duhur acara dihentikan sejenak untuk istirahat shalat dan makan siang. Kemudian pada pukul 13.30 wib acara dilanjutkan kembali dengan materi selanjutnya yaitu pengenalan dan penjelasan software TEMS Discovery 11.1.9 dan cara mengoprasikannya. Pemateri pun membuka sesi tanya jawab di setiap akhir dari materi.

S__44179473

Hal yang sangat ditekankan oleh pemateri adalah jika kita ingin menjadi ahli dalam menguasai drivetest menggunakan software TEMS maka kita harus sering berlatih, bukan hanya melalu literatur namun juga bisa mengikuti tutorial yang telat dibuat oleh orang lain di youtube, beliau juga menekankan bahwa peserta pelatihan harus sering mengadakan diskusi untuk memecahkan berbagai masalah yang akan ditemui nanti pada saat melakukan drivetest secara langsung. Mulai dari troubleshooting alat, troubleshooting software, dsb.

S__44179472

S__44179469

S__44179471

Namun sangat disayangkan, akibat keterbatasan waktu dan banyaknya materi, serta cuaca yang tidak mendukung untuk dilakukan pelatihan drivetest di lapangan akibat turun hujan, peserta pelatihan tidak merasakan bagaimana melakukan drivetest secara nyata. Dengan diadakannya acara pelatihan ini diharapkan seluruh asisten dapat memahami dan mahir mengoprasikan software TEMS untuk melakukan drivetest. Telkom Jawara!