Ditulis pada tanggal 26 Mei 2014, oleh asisten, pada kategori Berita, Kegiatan

Mendekatkan kampus dengan fabrikan dan vendor dari industri merupakan tujuan utama kuliah tamu laboratorium Telekomunikasi Jurusan Teknik Elektro. Mendatangkan perwakilan dari fabrikan dan vendor produk komunikasi optic dan radio dari India, Benchmark, forum dipimpin Dr. Ir. Sholeh Hadi Pramono, MS. Jumat, (9/5) Seluruh Assisten Laboratorium Telekomunikasi lintas angkatan dikumpulkan di laboratorium Telekomunikasi Lantai 2 Gedung Utara Jurusan Teknik Elektro.

Dalam kuliah tamu kali ini pemateri dari vendor membahas secara mendalam mengenai beberapa hal, yang pertama Konsep dasar komunikasi optik dan radio berdasarkanSoftware Define Radio (SDR). Selanjutnya berhubungan dengan laboratorium, pemateri menjelaskan bagaimana membangun set up eksperimen berbasis kedua bidang tersebut dengan demikian dapat melakukan eksperimen performansi keduanya. Sebagai pamungkas, para peserta mendapatkan materi mengenai pengaplikasian kedua sistem ini di dunia nyata dan tentunya pengenalan mengenai lingkungan professional.

Ditemui terpisah, Dr. Sholeh menekankan mengenai pentingnya kuliah tamu dari fabrikan maupun vendor semacam ini. “Kuliah Tamu dengan fabrikan dan vendor menghadapkan mahasiswa secara langsung dengan dunia profesional dimana ilmu tidak hanya dikaji tapi juga diaplikasikan. Hal ini penting untuk memotivasi mahasiswa semakin antusias mengenai bidang yang ditekuninya” Kata dia. “Apalagi perusahaan-perusahaan ini adalah yang nantinya akan menyerap lulusan-lulusan kita sebagai tenaga profesional, maka penting juga untuk menjaga hubungan yang baik” Imbuhnya.

Kuliah tamu semacam ini merupakan program regular yang diadakan dalam jangka waktu tertentu di jurusan teknik Elektro untuk kelima konsentrasi yang ada untuk mendekatkan dunia akademis dengan profesi. (emis)

sumber