Ditulis pada tanggal 23 Juni 2014, oleh asisten, pada kategori Berita, Kegiatan

Sabtu (19/6) , Jurusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya telah mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru Kota Malang . Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama dari pihak dosen dan mahasiswa konsentrasi Telekomunikasi Teknik Elektro Universitas Brawijaya , dengan Dr. Ir. Sholeh Hadi Pramono sebagai Ketua Pelaksana. Pemateri pada pelatihan pembuatan antena ini adalah Mahasiswa konsentrasi Telekomunikasi.

a

 Pertama-tama acara ini dibuka dengan sambutan dari Dr. Ir. Sholeh Hadi Pramono sebagai Ketua Pelaksana lalu dilanjutkan oleh sambutan dari Ir. Erfan Achmad Dahlan  selaku ketua Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) dan diakhiri sambutan dari Kepala Desa Tlogomas sekaligus sebagai penanda dibukanya pelatihan ini. Pelatihan ini diharapkan nanti dapat memberikan keterampilan sekaligus menjadi ide usaha bagi warga sekitar sehingga dapat menjadi suatu pekerjaan.

b

 Pada kegiatan ini, warga diberi pelatihan mengenai bagaimana cara membuat suatu antena ultra wideband yang merupakan kreasi mahasiswa sendiri. Antena yang dibuat terdiri dari 2 jenis yaitu antena planar gunungan dan antena bentuk logo Universitas Brawijaya, yang nantinya antena tersebut nantinya dapat digunakan sebagai antena televisi.

c

 IMG_0462

e

Beberapa tahap dalam pembuatan antena ini antara lain dimulai dengan pengecatan semua bagian dari antena, selanjutnya adalah menempelkan pola gambar pada antena , setelah itu semua bagian antena dipasang pada dan disambungkan dengan kabel dan konektor sehingga dapat dipasang di televisi. Setelah semua proses selesai maka antena pun jadi dan dapat digunakan sebagai antena televisi. Antena yang telah jadi tersebut dapat dibawa oleh warga sehingga dapat memberikan manfaat sekaligus ide usaha yang menguntungkan bagi warga sekitar.

f g h i